Rofi'ah, Nur (2025) Internalisasi Nilai Akhlak Terpuji pada Siswa SMK Berbasis Pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS NUR ROFI'AH (PAI).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
TESIS NUR ROFI'AH (PAI).pdf Download (2MB) |
Abstract
Rofiah, Nur. (2025). Internalisasi Nilai Akhlak Terpuji pada Siswa SMK Berbasis Pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila. Tesis. Salatiga. Program Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukh. Nursikin, M.S.I Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji bentuk internalisasi nilai akhlak terpuji pada siswa SMK berbasis pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila, (2) mengkaji implikasi internalisasi nilai akhlak terpuji pada siswa SMK berbasis pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila, (3) mengkaji faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai akhlak terpuji pada siswa SMK berbasis pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan teknik triangulasi data. Hasil analisis kemudian disajikan melalui penyampaian data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Internalisasi nilai akhlak terpuji pada SMK berbasis pesantren di SMK Dharma Lestari dan SMK Pancasila berjalan melalui integrasi antara pendidikan formal dan sistem pesantren. Selanjutnya proses internalisasi nilai akhlak ini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Nilai-nilai yang diinternalisasikan mencangkup sopan santun, kejujuran, kedisiplinan, dan religus. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode hukuman/teguran, dan metode pemotivasian. (2) Implikasi dari internalisasi nilai akhlak terpuji pada siswa SMK berbasis pesantren adalah sikap sopan santum terhadap orang yang lebih tua, muncul jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab, disiplin dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran beribadah, serta kejujuran. (3) Faktor pendukung internalisasi nilai akhlak ini terdapat faktor internal yaitu kesadaran diri dan motivasi siswa serta latar belakang keluarga, dan faktor eksternalnya adalah lingkugan yang kondusif serta adanya dukungan dari orang tua. Faktor internal penghambat proses internalisasi ini adalah kurangnya kesadaran diri dan pengaruh negatif teman sebaya, sedangkan faktor eksternalnya meliputi pengaruh lingkungan rumah dan kurangnya konsistensi pengawasan dan pembinaan. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Akhlak Terpuji, Pesantren
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 20:27 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 20:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |