ROHMAH, LAILA NURUL (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL, DAN BRAND TRUST DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING TERHADAP MINAT GEN Z DALAM MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA GEN Z DI KOTA SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LAILA NURUL ROHMAH END 2.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Hasil SNLIK tahun 2024 mengukur tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah. Hasil yang diperoleh menunjukkan indeks literasi keuangan syariah penduduk Indonesia sebesar 39,11 persen. Dari beberapa kegiatan sosialisasi terkait literasi keuangan syariah yang telah diadakan oleh OJK sejak tahun 2017, hingga saat ini tahun 2022 belum ada yang menunjukkan penelitian atau survei yang menunjukkan seberapa besar tingkat literasi keuangan syariah,literasi digital, dan brand trust terhadap mobile banking dalam menggunakan jasa perbankan syariah di Kota Semarang .Kemudian peneliti mengambil variabel literasi keuangan,literasi digital dan brand trust syariah karena bank syariah mempunyai berbagai macam inovasi produk seperti fitur islami.Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan non-probability sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 24. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh dan signifikan terhadap minat(1),(2), literasi digital berpengaruh positif signifikan terhadap minat (3),brand trust berpengaruh dan signifikan terhadap minat (4), variabel literasi keuangan, literasi digital dan brand trust berpengaruh terhadap minat gen z dalam menggunakan jasa perbankan syariah customer perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap minat gen z dalam menggunakan perbankan syariah Kata Kunci : literasi keuangan,literasi digital,brand trust,minat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 19:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 19:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |