Askharillah, Aulia Karimah (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DI MAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA KARIMAH ASKHARILLAH 23010180089.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA KARIMAH ASKHARILLAH 23010180089.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA KARIMAH ASKHARILLAH 23010180089.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA KARIMAH ASKHARILLAH 23010180089.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA KARIMAH ASKHARILLAH 23010180089.pdf Download (4MB) |
Abstract
Askharillah, Aulia Karimah. 2025. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin di MAN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Implementasi P5RA, Pendukung dan Penghambat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin, faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin pada peserta didik MAN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, koordinator fasilitator, wali kelas, dan siswa MAN Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi P5RA di MAN Salatiga dilakukan melalui tiga tahap utama yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi rapat koordinasi, penyusunan modul, hingga pelatihan fasilitator. Tahap pelaksanaan meliputi, pembentukan kelompok, pemberian materi, diskusi, hingga refleksi. Pada tahap evaluasi, siswa melakukan refleksi bersama guru kemudian didokumentasikan dan disusun dalam laporan tertulis. Kedua, faktor yang mendukung implementasi P5RA di MAN Salatiga yaitu kesiapan kurikulum, peran aktif guru sebagai fasilitator, motivasi siswa, kerja sama antar siswa dan ketersediaan fasilitas yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat implementasi P5RA yaitu kesenjangan pemahaman antara fasilitator dengan siswa, keterbatasan anggaran, dan komunikasi antar anggota kelompok.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |