EFEKTIVITAS MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS BERDIFERENSIASI MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN DAN MI MA’ARIF DUKUH

Karomah, Umi (2025) EFEKTIVITAS MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS BERDIFERENSIASI MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN DAN MI MA’ARIF DUKUH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Umi Karomah (12020230004).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis efektivitas model RADEC berbantuan e-modul berbasis berdiferensiasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas V, 2) menganalisis efektivitas model RADEC berbantuan e-modul berbasis berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis siwa kelas V, dan 3) menganalisis efektivitas model RADEC berbantuan e-modul berdiferensiasi terhadap hasil belajar psikomotorik dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang semuanya dijadikan sampel dari dua sekolah yaitu 32 siswa kelas V MI Ma'arif Kutawinangun dan 32 siswa kelas V MI Ma'arif Dukuh. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian dan tes uraian. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal tes uraian dan lembar poster. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji manova, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa posttest hasil belajar psikomotorik siswa pada kelas eksperimen memperoleh mean 90,47 lebih besar dari kelas kontrol 75,48. Pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 90,488 lebih tinggi dari kelas kontrol 73,922. Pada uji manova memperoleh Sig. 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa model RADEC berbantuan e-modul berbasis berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar psikomotorik dan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Pada uji N-Gain percen hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen sebesar 79,01% (kategori efektif) dan kelas kontrol sebesar 48,56% (kurang efektif). Sedangkan hasil uji N-Gain percen kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 77,03% (efektif) dan kelas kontrol sebesar 44,50% (kurang efektif). Hal ini menunjukkan bahwa model RADEC berbantuan e-modul berbasis berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar psikomotorik dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini mendukung pentingnya inovasi dalam pembelajaran dan mempertimbangkan menggunakan model RADEC berbantuan e-modul berbasis berdiferensiasi pada pembelajaran yang konteksnya lebih luas dan berkelanjutan. Kata Kunci: Model RADEC, E-Modul Berbasis Diferensiasi, Hasil Belajar Psikomotorik, kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2025 17:05
Last Modified: 17 Jul 2025 17:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item