Yuliana, Eni Nur (2025) Strategi Social Marketing Campaigns Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah dalam Meningkatkan Pendidikan Politik bagi Organisasi Mahasiswa. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
YULIANA rev sidang-2.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
YULIANA rev sidang-2.pdf Download (3MB) |
Abstract
Yuliana, Eni Nur. 2025. Strategi Social Marketing Campaigns Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah dalam Meningkatkan Pendidikan Politik bagi Organisasi Mahasiswa. Skripsi: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: Pemasaran Sosial; Pendidikan Politik; Organisasi Mahasiswa (Ormawa); Kesbangpol. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan partisipasi mahasiswa terhadap isu-isu sosial dan politik, serta persepsi negatif terhadap dunia politik yang sering dianggap penuh intrik dan manipulasi. Fenomena ini menyebabkan apatisme dan minimnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis strategi social marketing campaigns Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan pendidikan politik bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa); dan (2) mengetahui efektivitas pelaksanaan program pendidikan politik oleh Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan partisipasi politik Ormawa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih untuk menjawab permasalahan penelitian yang berkaitan dengan data naratif yang bersumber dari observasi dan wawancara mendalam. Ciri-ciri penelitian kualitatif yang diterapkan meliputi: (1) latar alamiah; (2) peneliti sebagai instrumen utama; (3) penggunaan metode pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen; (4) analisis data secara induktif; dan (5) penekanan pada makna sebagai esensi penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif, yang menggambarkan objek penelitian tanpa mempersoalkan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi social marketing campaigns Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan pendidikan politik bagi VIII Ormawa bersifat partisipatif dan transformatif, dengan menjadikan Ormawa sebagai mitra strategis. Strategi ini diimplementasikan melalui pembentukan "Rumah Kebangsaan OKP Cipayung Plus" sebagai wadah kolaborasi, serta pemanfaatan media digital (podcast, Instagram, TikTok) dan kegiatan luring (FGD, diklat, seminar/workshop). Pelaksanaan program pendidikan politik ini dinilai efektif, terbukti dari peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Jawa Tengah yang mencapai 85% dari sebelumnya 80% pada Pemilu 2019. Efektivitas ini juga didukung oleh peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap politik mahasiswa, serta kemampuan mereka dalam berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam demokrasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 17:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 17:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |