Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembiasaan Literasi dan Project Based Learning di SMP Negeri 3 Salatiga

AMINAH, SITI (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembiasaan Literasi dan Project Based Learning di SMP Negeri 3 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FINAL-Siti Aminah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aminah, Siti. (2025). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembiasaan Literasi Dan Project based learning di SMP Negeri 3 Salatiga Tesis, Salatiga: Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri Salatiga Pembimbing : Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan kegiatan pembiasaan literasi dan project-based learning (PjBL) guna memperkuat nilai-nilai toleransi di SMP Negeri 3 Salatiga. Fokus penelitian mencakup: (1) bentuk kegiatan penguatan nilai toleransi melalui pembiasaan literasi dan PjBL; (2) strategi guru dalam pelaksanaan kegiatan tersebut; serta (3) kendala/hambatan yang dihadapi dalam proses implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, validasi data, reduksi data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disajikan secara deskriptif untuk memberikan gambaran yang mendalam dan kontekstual mengenai implementasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi yang ditumbuhkan dan diperkuat melalui kegiatan literasi meliputi: (1) menghargai perbedaan; (2) menghormati hak orang lain; (3) memiliki empati terhadap sesama; (4) mampu berkolaborasi dan bekerja sama; serta (5) bersikap adil dan tidak diskriminatif. Strategi guru dalam pembiasaan literasi dilakukan melalui program “WALI-Wayahe Literasi” dengan integrasi bacaan, video, diskusi, dan refleksi nilai. Penerapan PjBL dilakukan melalui pembuatan karya proyek seperti puisi, poster, cerita pendek, dan video kampanye toleransi. Strategi ini terbukti memperluas wawasan siswa dan membentuk karakter toleran secara kontekstual. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, literasi digital yang belum merata, penyalahgunaan gawai, keterbatasan sarana, serta kurang optimalnya kolaborasi guru. Meskipun demikian, guru mampu mengatasinya melalui pendekatan kreatif dan kolaboratif. Kata kunci: Literasi, Pendidikan Agama Islam, Project based learning, Strategi Guru, Toleransi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2025 17:13
Last Modified: 18 Jul 2025 17:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24822

Actions (login required)

View Item View Item