IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

DARMAWAN, MUHAMAD ANGGA (2025) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi angga 23040200064.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi angga 23040200064.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi angga 23040200064.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi angga 23040200064.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi angga 23040200064.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMAD ANGGA DARMAWAN 23040200064..pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMAD ANGGA DARMAWAN 23040200064..pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMAD ANGGA DARMAWAN 23040200064..pdf

Download (2MB)

Abstract

Darmawan, Muhammad Angga. 2024. Implementasi Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Inkuiri, IPAS, Siswa, Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi minat belajar siswa kelas IV MI Al Ittihad Semowo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui implementasi metode pembelajaran inkuiri di tahun ajaran 2024/2025. Metode inkuiri dipilih karena dianggap mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, melatih kemampuan berpikir kritis, dan memupuk rasa ingin tahu mereka. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri secara signifikan berdampak positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa merasa lebih antusias dan percaya diri ketika terlibat dalam proses eksplorasi, eksperimen, dan diskusi. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang memengaruhi hasil tersebut, seperti dukungan guru dan ketersediaan fasilitas yang memadai sebagai faktor pendukung, serta rendahnya motivasi siswa dan kurangnya inovasi pengajaran sebagai faktor penghambat. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru terus mengadopsi metode pembelajaran inkuiri secara konsisten dan melakukan evaluasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan metode pengajaran di MI Al Ittihad Semowo dan menjadi acuan bagi penelitian lanjutan dalam bidang pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2025 20:28
Last Modified: 18 Jul 2025 20:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item