STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI MAPEL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI SALATIGA

Ansori, Mohammad (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI MAPEL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MOHAMMAD ANSORI 12020210025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS MOHAMMAD ANSORI 12020210025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS MOHAMMAD ANSORI 12020210025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter religius untuk membentuk kepribadian siswa yang beriman dan berakhlak mulia, serta peran PKn dalam menginternalisasi nilai Pancasila dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi, tantangan, dan solusi guru dalam menanamkan karakter religius siswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salatiga. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen dari 12 guru pendidikan kewarganegaraan di dua MI, kemudian dianalisis secara tematik dengan triangulasi sumber untuk keabsahan. Temuan penelitian ini mengidentifikasi strategi utama internalisasi: (a) Integrasi kurikuler, menghubungkan materi PKn (seperti demokrasi) dengan nilai religius dan Pancasila; (b) Pembiasaan praktis melalui kegiatan rutin keagamaan (sholat berjamaah, sedekah) dan kebersihan lingkungan berdasarkan nilai An-Nadhofatu Minal Iman; (c) Kontekstualisasi nilai menggunakan role play dan diskusi kasus aktual (misal korupsi) untuk mengaitkan etika kewarganegaraan dengan spiritualitas. Selanjutnya mengidentifikasi tantangan dan hambatan utama meliputi: (a) Faktor internal seperti keterbatasan waktu mengajar, minimnya media pembelajaran integratif, dan variasi pemahaman antar guru; (b) Faktor eksternal berupa ketidaksinkronan nilai di keluarga, kurangnya partisipasi orang tua, serta pengaruh perangkat digital. Penelitian ini juga mendapatkan solusi yang diterapkan guru mencakup: (1) Keteladanan guru sebagai model perilaku religius; (2) Kolaborasi dengan orang tua, tokoh agama, dan masyarakat melalui program seperti Jumat Berkah; (3) Pemanfaatan lingkungan seperti mushola, masjid, dan tokoh agama sebagai sumber belajar kontekstual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2025 20:43
Last Modified: 18 Jul 2025 20:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item