Urrohman, Muhammad 'Ato (2025) IMPLEMENTASI SIKAP ZUHUD DAN RESPONSIF PADA SANTRI PONDOK PESANTREN ASRAMA PENDIDIKAN ISLAM AL MASYKUR JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi 23010180097.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Urrohman, Muhammad Ato, 2025. Implementasi Sikap Zuhud dan Responsif Pada Santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurusan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muh. Hafidz, M.Ag Kata Kunci: Sikap Zuhud dan Responsif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi sikap zuhud pada santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur, (2) Bagaimana implementasi sikap responsif pada santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi implementasi sikap zuhud pada santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur, (4) Untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi implementasi sikap responsif pada santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur. Metode kualitatif, sumber data primer dan data sekunder menjadi pilihan yang lebih tepat dalam melakukan pendekatan yang sesuai dengan penelitian ini. Data primer yang diperoleh dengan cara pengamatan dan wawancara terhadap pengasuh, salah satu dewan pengasuh, pengurus, ustadz, dan santri di pondok pesantren. Sedangkan data sekunder berupa dokumen pendukung yang dapat menunjang penelitian. Empat tahap yang dilakukan dalam analisis data penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan serta verifikasi. Keabsahan data juga di cek menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian bahwa implementasi sikap zuhud pada santri diantaranya adalah progam makan dari pondok pesantren, tirakat, mujahadah, dan mengakses hal-hal kebermanfaatan bersama. Untuk implementasi sikap responsifnya adalah sikap responsif santri senior, sikap responsif santri kepada teman yang lain (saling membantu), responsif melakukan kewajiban, sikap responsif santri dalam mengikuti kegiatan pondok pesantren. Semua hal tersebut memiliki hambatan. Penelitia menemukan hambatan dari sikap zuhud antara lain personal santri yang belum paham secara global apa itu zuhud, solusinya adalah memberikan pemahaman lebih intensif kepada santri tersebut; rasa malas yang menjadikan para santri tidak mau bergerak dalam hal positif. Solusinya adalah melakukan pendekatan personal. Bermain gadget atau Hp dan pemahaman zuhud adalah sikap orang tua. Hambatan untuk sikap responsif adalah pemahaman dan kepekaan setiap sanri berbeda karena latar belakang yang berbeda-beda. Rasa malas dan terbawa arus pertemanan. Solusinya adalah dengan melakukan pendekatan personal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 21:20 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 21:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |