PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BANYUBIRU PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN ENERGI

Satoto, Shakhikha (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BANYUBIRU PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN ENERGI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS SHAKHIKHA SATOTO NIM. 12020210030.pdf

Download (8MB)
[img] Text
TESIS SHAKHIKHA SATOTO NIM. 12020210030.pdf

Download (8MB)
[img] Text
TESIS SHAKHIKHA SATOTO NIM. 12020210030.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Satoto, Shakhikha. 2025. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banyubiru Pada Pokok Bahasan Perubahan Energi. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2025. Kata Kunci: LKPD, PjBL, kemampuan berpikir tingkat tinggi Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektivan dari lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dengan berbasis project-based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas IV madrasah ibtidaiyah. Pada penelitian ini menggunakan langkah penelitian 4D yang memiliki 4 langkah atau tahapan dalam mengembangkan, yakni 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) disseminate (penyebaran). Teknik penelitian atau pengumpulan data berupa pengisian angket, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya adalah pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. LKPD yang dikembangkan melalui beberapa penilaian yakni uji kelayakan oleh para ahli, kemudian uji kepraktisan oleh kelompok terbatas yang meliputi 2 guru dan 6 peserta didik, kemudian diuji cobakan skala luas yang melibatkan 27 peserta didik untuk mengukur keefektifan menggunakan one group pretest-postest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) LKPD berbasis PjBL dikembangkan dengan model 4D; 2) LKPD berbasis model PjBL dinyatakan layak dengan persentase 79,91%; 3) LKPD berbasis PjBL mendapatkan nilai uji terbatas oleh guru sebesar 96,56% yang masuk kategori sangat praktis dan penilaian dari peserta didik menyatakan sangat praktis dengan persentase 92,16%; 4) Hasil dari penggunaan LKPD berbasis PjBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi diuji menggunakan paired sample t-test dengan nilai signifikansi < dari 0,05 yakni 0,000 dan thitung > ttabel yakni 13,377 > 2,056 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL dinyatakan layak, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang duduk di bangku kelas IV. Harapan besar hasil penelitian yang berupa LKPD berbasis PjBL dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2025 04:24
Last Modified: 19 Jul 2025 04:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item View Item