PERAN GURU BK UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT GUNA MENGHADAPI TANTANGAN KARIR SOCIETY FIVE POINT ZERO DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA

s.tubu, Hajril (2025) PERAN GURU BK UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT GUNA MENGHADAPI TANTANGAN KARIR SOCIETY FIVE POINT ZERO DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hajril S. Tubu -23080180070 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hajril S. Tubu -23080180070 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hajril S. Tubu -23080180070 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hajril S. Tubu -23080180070 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hajril S. Tubu -23080180070 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tubu, Hajril S. 2025. Peran Guru BK Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Guna Menghadapi Tantangan Karir Society Five Point Zero Di SMP Dharma Lestari Salatiga. Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Peran Guru BK Untuk Meningkatkan Adversity Quotient, Tantangan Karir Society Five Point Zero Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui peran guru BK dalam meningkatkan Adversity Quotient dalam menghadapi tantangan karir society five point zero di SMP Dharma Lestari Salatiga. 2) Mengetahui program apa saja yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan Adversity Quotient dalam menghadapi tantangan karir society five point zero di SMP Dharma Lestari Salatiga. 3) Mengetahui hambatan-hambatan atau tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan Adversity Quotient dalam menghadapi tantangan karir society five point zero di SMP Dharma Lestari Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling SMP Dharma Lestari Salatiga. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Kondisi Adversity Quotient sudah cukup baik, tetapi karena latar belakang siswa beraneka ragam, Guru BK memberikan bantuan arahan, motivasi, semangat, memberikan arahan tentang masa depan dalam memilih karir di era 5.0. 2) Guru BK menilai bahwa membangun Adversity Quotient bukan hal yang instan, namun investasi jangka panjang yang sangat penting terutama dalam menghadapi ketidakpastian dan tantangan cepatnya perubahan teknologi di era 5.0. 3) guru BK terhambat oleh beban kerja, kurangnya literasi karir digital, dan sikap mental siswa yang belum siap menghadapi perubahan cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2025 14:57
Last Modified: 19 Jul 2025 14:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24830

Actions (login required)

View Item View Item