Istianah, (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MEMBACA MATERI BENTANGAN ALAM IPAS SISWA KELAS III MIN 3 SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ISTIANAH_PASKA PGMI_2021 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Tesis Istianah.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Tesis Istianah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Istianah, 2024. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book terhadap Konsentrasi Belajar dan Pemahaman membaca Materi bentangan Alam Siswa Kelas 3 MIN 3 Semarang. Salatiga: Pasca sarjana PGMI UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Win Listyaningrum Arifin, MA Konsentrasi belajar dan pemahaman membaca merupakan dua aspek penting dalamdalam keberhasilan proses pembelajaran, terutama dijenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Big Book terhadap konsentrasi belajar dan pemahaman membaca materi Bentangan Alam Siswa Kelas III MIN 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan menggunakan desain non equivalen control. Penelitian ini dilakukan di kelas III MIN 3 Semarang. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen terdiri dari 23 siswa dengan menggunakan media pembelajaran Big Book dan kelas kontrol terdiri dari 20 siswa dengan menggunakan media konvensional (LKS). Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes berupa instrument kuesioner/angket konsentrasi dan pemahaman membaca, soal tes pretest dan posttest pemahamam membaca dan dokumentasi. Sebelum melalukan analisis data diuji prasayarat terlebih dahulu dengan uji normalitas, homogenitas. Untuk analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol baik dalam konsentrasi belajar maupun pemahaman membaca. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikasi keduanya kurang dari 0,05. Selanjutnya hasil uji Manova juga menunjukkan pengaruh simultaan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat nilai signifikasi kurang dari 0,05. Dengan demikian, media Big Book terbukti efektif meningkatkan konsentrasi belajar dan pemahaman membaca siswa, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik di kelas rendah sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Big Book, konsentrasi belajar, pemahaman membaca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 19:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 19:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |