PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT LANGSUNG DAN KALIMAT TIDAK LANGSUNG DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Attiyah, Ummu (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT LANGSUNG DAN KALIMAT TIDAK LANGSUNG DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)
[img] Text
UMMU ATTIYAH 23040210083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dengan model Team Games Turnament (TGT) dengan media Mind Mapping kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas VI B yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Nilai kelompok dan individu siswa digunakan untuk menyusun data. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengamati bagaimana sikap siswa di kelas selama mengikuti pembelajaran di kelas. Data di analisis menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga dapat memanfaatkan Model Team Games Turnament (TGT) Media Mind Mapping Tahun Ajaran 2024/2025. Peningkatan siswa yang tuntas hasil belajar dari Observasi ke Siklus I terjadi peningkatan sebesar 37,48%, sedangkan Siklus I ke Siklus II sebesar 7,4%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Observasi (44%), Siklus I (81,48%) dan Siklus II (88,88%). Guru memberikan tindakan berupa program remedial kepada 11,11% (3 siswa) yangَّ belumَّ tuntasَّ belajar.َّ Siklusَّ berakhirَّ jikaَّ ≥َّ 85%َّ siswaَّ yangَّ sudahَّ mencapaiَّ ketuntasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2025 18:05
Last Modified: 23 Jul 2025 18:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24837

Actions (login required)

View Item View Item