Oktavia, Engelina (2025) PENGARUH VARIASI MENGAJAR DAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI Engelina Oktavia FIKS.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Oktavia, Engelina, 2025. Variasi Mengajar Dan Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Variasi Mengajar, Kepribadian Guru, Motivasi Belajar PAI Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Mengetahui pengaruh kepribadian guru terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Mengetahui pengaruh variasi mengajar dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 132 siswa dengan sampel 57 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 dan t-hitung 3.645 > t-tabel 1.673 (2) Terdapat pengaruh positif kepribadian guru terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan t-hitung 2.715 > 1.673 (3) Nilai signifikansi berdasarkan uji F sebesar 0,003 < 0,05 dengan F-hitung 6.613 dan F-tabel 3,22 sehingga variasi mengajar dan kepribadian guru berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi belajar. Nilai koefisien determinasi dihasilkan nilai R2 sebesar 0,306. Hal tersebut berarti pengaruh variasi mengajar dan kepribadian guru secara simultan terhadap motivasi belajar sebesar 30,6 % sedangkan sisanya 69,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 22:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 22:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |