PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

CAHYANI, ANNISA TRI (2025) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23010210002_ANNISA TRI CAHYANI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
23010210002_ANNISA TRI CAHYANI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
23010210002_ANNISA TRI CAHYANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Cahyani, Annisa Tri. 2025. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd. I. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa, Akidah Akhlak Penelitian ini bertujuan menguji dampak parsial dan simultan kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Secara spesifik, riset ini mencari bukti kuat mengenai ada tidaknya pengaruh signifikan statistik antara kedua variabel kompetensi guru tersebut terhadap capaian belajar siswa. Studi kuantitatif asosiatif ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salatiga pada April 2025. Populasi penelitian berjumlah 377 siswa kelas XI, dengan sampel acak sederhana sebanyak 79 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Variabel yang ditelaah meliputi kompetensi pedagogik (X1), kompetensi profesional (X2), dan hasil belajar siswa (Y). Data kompetensi guru (X1 dan X2) dikumpulkan melalui angket (19 pernyataan), sedangkan data hasil belajar siswa (Y) diperoleh melalui dokumentasi nilai rapor. Analisis data menggunakan IBM SPSS 22, mencakup analisis deskriptif, korelasi, uji instrumen, uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), serta analisis regresi linear berganda (koefisien korelasi, determinasi, uji-T, uji-F). Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru secara statistik tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025, baik secara parsial maupun simultan. Nilai Adjusted R Square yang sangat rendah (0,010) memperkuat temuan ini, menunjukkan bahwa hanya 1,0% variasi hasil belajar dijelaskan oleh model. Ini mengisyaratkan bahwa elemen penentu lain, seperti motivasi atau minat belajar siswa dan kurikulum, memiliki kontribusi lebih besar pada hasil belajar siswa di luar variabel kompetensi guru yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:05
Last Modified: 29 Jul 2025 13:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24852

Actions (login required)

View Item View Item