Penerapan Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025

, LUQMAN PRASETYO (2025) Penerapan Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUQMAN PRASETYO_NIM. 12020210028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prasetyo, Luqman. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Program Pascasarjana PGMI, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Kata Kunci : Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi Layanan pendidikan inklusi beragam jenis, salah satunya dalam penerapan pembelajaran inklusi. Penerapan pembelajaran inklusi dipandang relevan untuk memberikan pengalaman belajar anak berkebutuhan khusus. Implementasi penerapan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilaksanakan di sekolah inklusi. Tujuan dari penelitian ini berusaha untuk mengungkap bagaimana penerapan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian di sekolah inklusi, ditemukan bahwa : 1) Penerapan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus memakai Direct Learning, Two Stay Two Stray, dan Talking Sticks. 2) Proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus melaui urutan perencanaan pembelajaran (terdapat proses identifikasi jenis anak berkebutuhan khusus dan hambatan belajar peserta didik), pelaksanaan pembelajaran guru menyusun program pembelajaran individual atau PPI sebagai acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran), dan evaluasi pembelajaran (berbagai perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus dicatat secara detail dan berkala, dan dilaporkan kepada orangtua ketika akhir semester selesai sebagai bukti perkembangan belajar).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2025 20:56
Last Modified: 30 Jul 2025 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item