IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB ENHANCED COURSE (WEC) DI SDIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

, Rofi'atul Khasanah (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB ENHANCED COURSE (WEC) DI SDIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ROFI'ATUL KHASANAH 23040210041.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ROFI'ATUL KHASANAH 23040210041.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ROFI'ATUL KHASANAH 23040210041.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Rofi’atul. 2025. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Enhanced Course (WEC) di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS. Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran; Web Enhanced Course; Kendala; Solusi Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi media pembelajaran dengan berbasis Web Enhanced Course (WEC) pada peserta didik kelas atas IV dan VI di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. 2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pengimplementasiannya dan solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala dalam pengimplementasian media pembelajaran berbasis web enhanced course. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran berbasis WEC diimplementasikan melalui pemanfaatan PowerPoint yang dikombinasikan dengan wordwall sebagai media interaktif berbasis web. WEC digunakan secara efektif oleh guru dalam menyampaikan materi sekaligus menyediakan evaluasi pembelajaran berbasis web. Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui forum Kelompok Kerja Guru (KKG) secara kolaboratif setiap minggu. Pelaksanaan dilakukan secara tatap muka, dengan dukungan kebijakan sekolah dan pelatihan guru yang dapat meningkatkan kompetensi guru. 2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi media pembelajaran berbasis WEC antara lain gangguan teknis, koneksi internet, dan keterbatasan waktu guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran. Namun, meski demikian guru dan peserta didik menunjukkan kemampuan beradaptasi melalui berbagai strategi solutif, diantaranya persiapan teknis, kerjasama, dan peningkatan fasilitas, sehingga proses pembelajaran tetap berjalan optimal dan meningkatkan antusias belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2025 16:01
Last Modified: 04 Aug 2025 16:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item