PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL STRATEGY (MMS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI PESERTA DIDIK KELAS XI

Asyngari, Wahyu Kholil (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL STRATEGY (MMS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI PESERTA DIDIK KELAS XI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)
[img] Text
WAHYU KHOLIL ASYNGARI 23070200010.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan, tingkat kevalidan, dan kepraktisan suatu produk bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Liveworksheets dengan pendekatan Multimodal Strategy (MMS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fungsi komposisi peserta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu menganalisis kebutuhan dan masalah (Analysis), merancang media dan isi E-LKPD (Design), mengembangkan produk digital berbasis Liveworksheets (Development), mengimplementasikan produk dalam pembelajaran nyata (Implementation), dan mengevaluasi hasil penggunaan melalui respon peserta didik dan guru (Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis, dengan teknik pengumpulan data berupa angket kebutuhan, validasi ahli, serta angket respon kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh nilai kevalidan sebesar 91,67% dari ahli materi dan 90,00% dari ahli media, keduanya masuk dalam kategori “sangat valid”. Nilai kepraktisan diperoleh sebesar 95,00% dari guru dan 87,63% dari peserta didik, termasuk kategori “sangat praktis”. E-LKPD ini memuat unsur multimodal (teks, visual, audio, aktivitas interaktif) berbasis dan dinilai mampu membantu peserta didik dalam memahami konsep serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2025 20:00
Last Modified: 11 Aug 2025 20:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item