PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI ASRAMA TAHFIDZ MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Abshor, Muhammad Ulul (2025) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI ASRAMA TAHFIDZ MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ULUL ABSHOR (1) (2) (1).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ULUL ABSHOR (1) (2) (1).pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ULUL ABSHOR (1) (2) (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembinaan merupakan upaya yang dilakukan secara sadar dan terencana melalui kegiatan yang efektif untuk membimbing seseorang menuju perubahan yang lebih baik guna meningkatkan dan menyempurnakan sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini ialah:1)Untuk mengetahui Pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa di Asrama Tahfidz Ulul Albab MAN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa di Asrama Tahfidz Ulul Albab di MAN Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yakni kepala asrama, pembina asrama, musrif dan musrifah, dan siswa Asrama Tahfidz Ulul Albab di MAN Salatiga. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa di Asrama Tahfid Ulul Albab MAN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 antara lain: Pembiasaan sholat berjamaah lima waktu, Pelatihan kepemimpinan spiritual, Rutinan ibadah dan pembinaan harian,Penguatan pemahaman agama, Pendekatan edukatif dan spiritual, pendekatan kontrol dan disiplin, pendekatan konsekwensi dan apersepsi, Coaching clinic. 2.a) Faktor Pendukung Pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa di Asrama Tahfid Ulul Albab MAN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu : Ketersediaan Sarana dan Prasarana yang memadai, Pelibatan aktif santri dalam kegiatan keagamaan, Peran aktif para pembina dan pengasu asrama, Adanya program pembinaan yang terstruktur dan konsisten, Latar belakang santri yang sudah terbiasa dengan kehidupan pesantren, Lingkungan teman sebaya yang mendukung, Sistem evaluasi dan pengawasan yang efektif, Penerapan sanksi dan penghargaa, Keteladan Pembina dan pendamping. 2.b) Faktor Penghambat Pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa di Asrama Tahfidz Ulul Albab MAN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu: Kurangnya kesadaran diri dalam beribadah, Keterbatasan fasilitas umum terutama kamar mandi, Rasio Ustadzah dan santri tidak seimbang, Lingkungan pertemanan, Keragaman Karakter Santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2025 19:12
Last Modified: 04 Sep 2025 19:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24909

Actions (login required)

View Item View Item