Nandicha, Nabilla Alya (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037_compressed (1).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037_compressed (1).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037_compressed (1).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
NABILLA ALYA NANDICHA 23010210037.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nandicha, Nabilla Alya. 2025. Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Karakter Religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Langkah-langkah pembentukan karakter religius peserta didik; 2) Metode pembentukann karakter religius peserta didik; 3) Hasil pembentukan karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun ajaran 2024/2025: 1) Langkah-langkah pembentukan karakter religius dilakukan dengan cara pengenalan adab, penghayatan adab, dan pengamalan adab; 2) Metode pembentukan karakter religius dilakukan melalui metode praktik percontohan dengan cara guru berperan sebagai role model yaitu menjadi contoh figur teladan yang baik bagi peserta didik, metode pembinaan lisan yang disampaikan secara umum dan individu dengan berlandaskan Al-Qur’an dan hadis, metode pendampingan moral dengan memberikan perhatian dan pengawasan, metode hukuman edukatif dengan berpedoman buku penghubung yang menerapkan sistem poin dan tindakan yang berbeda setiap pelanggarannya, dan metode pembiasaan kegiatan keagamaan dengan kegiatan utamanya adalah morning parade yaitu serangkaian kegiatan pembiasaan di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai; 3) Hasil dari pembentukan karakter religius adalah meningkatkan keimanan peserta didik melalui kegiatan rutin, menambah kekonsistenan peserta didik dalam beribadah melalui pembiasaan kegiatan keagamaan, menambah pengetahuan agama peserta didik melalui pembelajaran terintegrasi, dan mengamalkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |