EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) BERBANTUAN ELECTRONIC MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP LIMA KINGDOM KELAS VII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sari, Intan Permata (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) BERBANTUAN ELECTRONIC MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP LIMA KINGDOM KELAS VII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA SARI_23060210037_compressed.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Intan Permata. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Berbantuan Electronic Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Meaningful Instructional Design, Electronic Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi hasil belajar peserta didik pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup lima kingdom dengan penerapan model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan electronic mind mapping di kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan electronic mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup lima kingdom kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara acak menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal pilihan ganda, dan lembar observasi. Instrumen tes diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji indeks kesukaran, dan uji daya beda soal. Data hasil penelitian dianalisi menggunakan uji t (Independent Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,58 dan kelas kontrol sebesar 71,25, (2) berdasarkan analisis uji t (Independent Sample T-Test) didapatkan data thitung 2,049 > ttabel 1,699 dengan nilai sig.(2-tailed) 0,045 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) berbantuan electronic mind mapping pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup lima kingdom efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2025 19:55
Last Modified: 27 Sep 2025 19:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24939

Actions (login required)

View Item View Item