Khoirunnisa, Erisa (2025) PENGARUH USER EXPERIENCE, BRAND IMAGE, DAN DIGITAL LITERACY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK DIGITAL JAGO DENGAN MINAT BERTRANSAKSI ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Masyarakat Gen Z Muslim Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_ERISA KHOIRUNNISA_63010210087.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ERISA KHOIRUNNISA_63010210087.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ERISA KHOIRUNNISA_63010210087.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi digital telah merubah cara masyarakat melakukan transaksi perbankan, terutama di kalangan generasi Z yang sangat familiar dengan teknologi. Bank Digital Jago, sebagai salah satu inovasi dalam perbankan digital, menghadapi tantangan dalam menjaga loyalitas nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh User Experience, Brand Image, dan Digital Literacy terhadap Loyalitas Nasabah Bank Digital Jago, dengan Minat Bertransaksi Ulang sebagai variabel intervening, khususnya pada komunitas Gen Z Muslim di Salatiga. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui angket kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dari kalangan Gen Z muslim di Salatiga. Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan Google Form. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval 1 hingga 10. Untuk pengolahan data, penelitian ini memanfaatkan metode Partial Least Square (PLS), yang merupakan salah satu pendekatan alternatif dalam Structural Equation Modeling (SEM) dan umum digunakan dalam menganalisis hubungan antar variabel yang bersifat kompleks. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa User Experience memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Digital Jago. Namun variabel Brand Image tidak bisa mempengaruhi loyalitas nasabah Bank Digital Jago. Sementara itu Digital Literacy berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Digital Jago. Dalam penelitian ini, penulis turut menyertakan variabel intervening sebagai mediator antara ketiga variabel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat untuk melakukan transaksi ulang hanya berhasil menjadi mediator pada hubungan antara user experience dan brand image. Sehingga variabel minat bertransaksi ulang tidak mampu memediasi variabel digital literacy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 04:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |