Mellinda, Dinda Rahma (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF-EFFICACY TERHADAP TINGKAT STRES PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN SURUH. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Dinda Rahma Mellinda 43040180161.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Dinda Rahma Mellinda 43040180161.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mellinda, Dinda Rahma. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self-efficacy terhadap Tingkat Stres Pada Guru TK di Kecamatan Suruh. Skripsi, Psikologi Islam Dakwah UIN Salatiga Pembimbing : Eva Palupi, M.Si., Psikolog Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Self-efficacy Dan Stres Kerja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat stres kerja pada guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Suruh. mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap tingkat stres pada guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Suruh dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan selfefficacy terhadap tingkat stres pada guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Suruh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK di Kecamatan Suruh yang berjumlah 102 orang, dengan teknik sampling purposive yang memilih guru yang memiliki pengalaman mengajar minimal 2 tahun sehingga didapati sample sebanya 91 guru yang memenuhu syarat. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki nilai thitung sebesar -0,490 dan p-value 0,000, yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap tingkat stres kerja guru. Koefisien regresi untuk kecerdasan emosional adalah -0,552, yang berarti setiap peningkatan satu unit dalam kecerdasan emosional mengurangi tingkat stres sebesar 0,552 unit. Selain itu, self-efficacy juga berpengaruh signifikan dengan nilai thitung -2,156 dan p-value 0,034, di mana koefisien regresi sebesar -0,301 menunjukkan bahwa peningkatan satu unit dalam self-efficacy mengurangi tingkat stres sebesar 0,301 unit. Secara simultan, kecerdasan emosional dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap tingkat stres dengan nilai Fhitung 62,085 dan p-value 0,000, menjelaskan 58,5% variasi dalam tingkat stres kerja. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan kecerdasan emosional dan self-efficacy untuk mengurangi tingkat stres guru TK, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 20:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 20:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |