Dampak Kualitas Produk Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Konsumen Muslim di Salatiga Pasca Keropos Rangka eSAF Tahun 2023)

PUTRA, ALFANI MANDALA (2025) Dampak Kualitas Produk Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Konsumen Muslim di Salatiga Pasca Keropos Rangka eSAF Tahun 2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alfani Mandala Putra - 63040210159 - File Skripsi Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfani Mandala Putra - 63040210159 - File Skripsi Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfani Mandala Putra - 63040210159 - File Skripsi Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfani Mandala Putra - 63040210159 - File Skripsi Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfani Mandala Putra - 63040210159 - File Skripsi Repository.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan ulasan pelanggan daring (online customer review) terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan pada konsumen Muslim di Salatiga yang membeli sepeda motor Honda Vario pasca viralnya isu keropos pada rangka eSAF tahun 2023. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta path analysis dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Namun, hanya online customer review dan minat beli yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh secara langsung. Analisis jalur menunjukkan bahwa minat beli mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, namun tidak memediasi pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi produsen dan pemasar dalam memahami perilaku konsumen, khususnya dalam konteks krisis kualitas produk yang viral di media sosial. Kata Kunci: Kualitas Produk, Online Customer Review, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Rangka eSAF

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:51
Last Modified: 02 Oct 2025 06:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item