PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI DENGAN MEDIA KARTU JAGOAN PADA SISWA KELAS I MI AL MANSHUR SURUH TAHUN AJARAN 2024/2025

Masfufah, Lailatul (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI DENGAN MEDIA KARTU JAGOAN PADA SISWA KELAS I MI AL MANSHUR SURUH TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MASFUFAH 223040210110 FIKS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masfufah, Lailatul. 2025. Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Metode Montessori dengan Media Kartu Jagoan pada Siswa Kelas I MI Al Manshur Suruh Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: . Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Guru Kelas Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Membaca; Montessori; Kartu Jagoan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Indonesia menggunakan metode montessori dengan media kartu jagoan siswa kelas I MI Al Manshur Suruh. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode montessori dengan media kartu jagoan dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Indonesia siswa kelas I MI Al Manshur Suruh. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan kelas dilakukan selama dua siklus untuk menjawab masalah yang terjadi. Terdapat empat tahapan dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Manshur Suruh, yang terdiri dari 20 siswa, 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode montessori dan media kartu jagoan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran montessori dengan media kartu jagoan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Al Manshur Suruh pada pelajaran bahasa Indonesia. Peningkatan ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian dari tahap pra siklus sampai tahap siklus II. Tahap pra siklus nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh 55,5 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 14 siswa atau 30%. Kemudian, hasil kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebanyak 25% dengan nilai rata-rata ketuntasan 64 siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 55%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 35% dengan nilai rata-rata ketuntasan 85,5 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan yang belum tuntas hanya 2 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2025 15:19
Last Modified: 02 Oct 2025 15:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item