Fitriani, Nadia (2025) Implementasi Kegiatan Keagamaan Di SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Nadiaa Fitrianii.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fitriani, Nadia. 2025. Implementasi Kegiatan Keagamaan di SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Pembelajaran PAI Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) implementasi kegiatan keagamaan (2) faktor pendukung kegiatan keagamaan (3) faktor penghambat kegiatan keagamaan di SMP Plus Daarul Ahgaff Pabelan Kabupaten Semarang tahun 2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desrkriptif. Data primer bersumber dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas keagamaan, guru PAI dan siswa. Data sekunder bersumber dari dokumentasi serta observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil menunjukkan bahwa: (1) kegiatan keagamaan di SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2025 terbagi menjadi dua kelas yaitu Marhalah dan Takhassus yang implementasinya akan diuraikan menggunakan empat indikator: pertama komunikasi, sebelum kegiatan pembelajaran lalu disosialisasikan kepada guru bahwa kegiatan keagamaan dilaksanakan setiap pagi mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 09.00 yang terbagi dalam dua sesi kelas yaitu takhassus dan marhalah. Kelas Takhassus membahas mengenai hukum baca tulis Al-Qur’an dan huruf pegon sedangkan Marhalah berfokus pada materi masing-masing jenjang berbeda dengan salah satu tim pengarah. Kedua, sumber daya yaitu pendidik sudah disesuaikan dengan bidang dan fasilitas yang memadai. Ketiga, disposisi dimana sikap masing-masing saling menunjukkan sikap antusias dan memberikan timbal balik yang positif. Keempat, struktur birokrasi dimana pengorganisasian dibentuk berdasarkan pedoman, jadwal serta aturan yang tertulis dengan sistem evaluasi yang dilaksanakan secara tersistem dan berkala (2) faktor pendukung kegiatan keagamaan di SMP Plus Daarul Ahgaff Pabelan meliputi kerjasama dan dukungan para pendidik serta guru kepada siswa yang mampu meningkatkan semangat dan minat belajar, antusiasme siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan, serta tersedianya fasilitas yang layak dan memadai dari sekolah untuk menunjang kebutuhan pembelajaran. (3) faktor penghambatnya mencakup terhambatnya integrasi media digital karena guru masih terbiasa menggunakan metode ceramah sehingga membutuhkan pelatihan, serta keterbatasan jam pelajaran yang menuntut guru untuk menyesuaikan penyampaian materi agar seluruhnya tersampaikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 17:56 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 17:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |