SRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Andriyani, Nurul (2025) SRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Nurul Andriyani 23010210007.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi Nurul Andriyani 23010210007.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi Nurul Andriyani 23010210007.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi Nurul Andriyani 23010210007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Andriyani, Nurul. 2025. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menerapkan Pembelajaran Inovatif pada Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urufatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembelajaran Inovatif, Siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menerapkan pembelajaran inovatif pada siswa, faktor pendukung strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menerapkan pembelajaran inovatif pada siswa, serta faktor penghambat strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menerapkan pembelajaran inovatif pada siswa di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan oleh peneliti yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer meliputi wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, serta siswa dan sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, serta hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menerapkan pembelajaran inovatif pada siswa di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu, pembelajaran inovatif disesuaikan dengan karakteristik siswa. Ada 3 aspek dalam menerapkan pembelajaran inovatif yaitu pendekatan, pendekatan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Selanjutnya metode, metode yang diterapkan di SMP Negeri 2 Salatiga dalam menerapkan pembelajaran inovatif yaitu problem based learning, cooperative learning, inquiry learning, dan demonstrasi. Ada tiga karakteristik yang sudah diterapkan guru SMP Negeri 2 dalam menerapkan pembelajaran inovatif, yaitu aktif berperan serta, pembelajaran berpusat pada siswa, dan penggunaan teknologi. Selanjutnya teknik, teknik dibuktikan dengan penyusunan modul ajar secara sistematis dan pengimplemetasian metode pembelajaran dengan baik dan benar sesuai konteks. Dalam penerapan pembelajaran dipengaruhi adanya faktor pendukung yaitu fasilitas yang memadai, pelatihan dan workshop, respon baik siswa, dan evaluasi guru. Tidak hanya pendukung, namun ada juga faktor penghambat strategi guru PAI dalam menerapkan pembelajaran inovatif yaitu, kurangnya kemampuan guru PAI, akses teknologi terbatas, waktu terbatas, serta keterlibatan siswa beragam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2025 18:12
Last Modified: 02 Oct 2025 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24977

Actions (login required)

View Item View Item