, Rizal Zeni Syaputra (2025) Peran Pelayanan Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Jamaah Haji Dan Umrah Di Biro Hajar Aswad Surakarta. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Rizal Zeni Syaputra-43020210031-Peran Pelayanan Brand Ambassador Dalam Menignkatkan Jamaah Haji Dan Umrah Di Biro Hajar Aswad Surakarta..pdf Download (1MB) |
Abstract
Rizal Zeni Syaputra. 2025. Peran Pelayanan Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Jamaah Haji Dan Umrah Di Biro Hajar Aswad Surakarta. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Sri Rokhmiyati, M, Pd.I. Kata Kunci : Bentuk Peran; Pelayanan; Meningkatkan Jamaah; Haji dan Umrah; Biro Hajar Aswad Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait bagaimana Peran Pelayanan Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Jamaah Haji Dan Umrah Di Biro Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta. 1) Mengetahui kontribusi pelayanan brand ambassador dalam meningkatkan jamaah pada Biro Hajar Aswad Kota Surakarta. 2) Mengetahui strategi komunikasi dakwah pelayanan brand ambassador dalam meningkatkan Jamaah pada Biro Hajar Aswad Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui ustad-ustad Biro Hajar Aswad Surakarta, Pimpinan/ Direktur PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta dan Jamaah yang pernah menggunakan biro perjalanan wisata agama spritual ini, serta dokumen yang ada di PT. Hajar Aswad Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakrata. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyaringan data, penyajian data, penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Peran dan kontribusi pelayanan brand ambassador dalam meningkatan jamaah haji dan umrah di Biro Hajar Aswad. Yaitu brand ambassador memiliki peran strategis dalam membentuk pemberian pelayanan jamaah haji dan umrah. Ustad pembimbing yang dijadikan brand ambassador dan dipilih biro bukan hanya sekadar pemandu ibadah, tetapi juga berperan sebagai representasi nilai-nilai biro. 2) Strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh brand ambassador sangat berperan dalam menciptakan kedekatan dan kenyamanan jamaah, ini berefek dari pelayanan yang sangat tersistemasi dan terstruktur oleh ustad pembimbing dalam menciptakan model pelayanannya. Pendekatan komunikasi yang digunakan bersifat humanis, dua arah, dan menyentuh aspek emosional jamaah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 19:19 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 19:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |