IMPLEMENTASI MEDIA KARTU KILAS DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BICARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ADHD DI TK RUMAH PINTAR SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

shalihah, Mazayash (2025) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU KILAS DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BICARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ADHD DI TK RUMAH PINTAR SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Mazayash Shalihah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kartu kilas dapat membantu anak berkebutuhan khusus (ABK) yang didiagnosis ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam mengembangkan kemampuan bicaranya di TK Rumah Pintar Salatiga, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kartu kilas dalam menstimulasi perkembangan bicara ABK ADHD di TK Rumah Pintar Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu ketua yayasan, guru kelas, guru pendamping, orang tua dan ABK ADHD di TK Rumah Pintar Salatiga. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi kartu kilas dapat menstimulasi perkembangan ABK ADHD di TK Rumah Pintar. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan kosakata anak yang meningkat, lebih percaya diri saat berbicara, berani bertanya dan menjawab pertanyaan serta lebih memahami gambar atau simbol. Implementasi kartu kilas ini melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keberhasilan ini didukung oleh peran guru yang aktif, keterlibatan orang tua, dan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Namun, penelitian juga menemukan beberapa hambatan, seperti perbedaan karakter anak, tingkat kesulitan kata dalam kartu, serta bahan baku kartu kilas yang tidak awet dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2025 20:51
Last Modified: 02 Oct 2025 20:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item