Zubaidah, Muhammad (2015) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF TEJOSARI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Muhammad Zubaidah_11212006.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas manusia yang merupakan faktor penting dalam pembangunan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Dengan tidak bermaksud mengecilkan kontribusi komponen yang lainnya, komponen tenaga kependidikan atau guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas peserta didiknya. Dalam permasalahan ini yang dibahas penulis dalam skripsi ada 3 hal meliputi (1) bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru di MI Ma’arif Tejosari? (2) bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MI Ma’arif Tejosari? (3) bagaimana pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alqur’an Hadits di MI Ma’arif Tejosari Kecamatan Ngablak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah pengaruh antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur;an Hadist kelas V dan VI di MI Ma’arif Tejosari Kecamatan Ngablak Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini memggunakan metode angket,dokumentasi dan analisis data. Subyek penelitian sebanyak 38 responden, menggunakan teknik populasi dan sampel (purposive random sampling).Pengumpulan data menggunakan kuisionar untuk menjaring data x dan y. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkkan ada pengaruh yang positif antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits. Hal ini dapat dilihat dengan hasil angket yang diperoleh kategori C mencapai 73,68% dari 38 responden yang memandang bahwa kompetensi profesional guru kategori cukup, yaitu berada pada interval 32 – 37. Sedangkan untuk Prestasi belajar siswa yang memperoleh kategori C mencapai 47,37%,berada pada interval 73 – 82.Sesuai dengan hasil penelitian yang penulis lakukan membuktikan bahwa rx y (r hitung) 0,417 lebih besar dari r table pada taraf signifikan 5% (0,417>0,320). Dengan demikian dalam hipotesis yang menyatakan bahwa “ Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MI Ma’arif Tejosari Tahun Pelajaran 2014/2015” hipotesis yang penulis ajukan diterima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2016 02:45 |
Last Modified: | 17 Feb 2016 02:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/250 |
Actions (login required)
View Item |