khusna, Sakina nurul (2025) Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Listrik Dinamis Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Aplikasi PhET Simulation Kelas IX MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SAKINA NURUL KHUSNA BAB 1,2,5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SAKINA NURUL KHUSNA BAB 1,2,5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Khusna, Sakina Nurul. 2025. Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Listrik Dinamis Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Aplikasi PhET Simulation Kelas IX MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, PhET Simulation, Listrik Dinamis, Penelitian Tindakan Kelas Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan aplikasi PhET Simulation pokok bahasan listrik dinamis kelas IX MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo berjumlah 7 anak, terdiri dari 3 siswa putra dan 4 siswa putri. Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) yang ditetapkan di MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo pada mata pelajaran IPA sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Guided Discovery Learning berbantuan aplikasi PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Butuh Kabupaten Wonosobo. Peningkatan hasil belajar tersebut dicapai dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebanyak 3 (43%) siswa tuntas dan sebanyak 4 (57%) siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata 47. Siklus II sebanyak 6 (86%) siswa tuntas dan 1 (14%) siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata 87. Persentase peningkatan hasil belajar IPA kelas IX dari siklus I ke siklus II sebesar 43%. Penelitian berhenti pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar siswa yang telah ditentukan yaitu sebesar ≥85% dari seluruh siswa kelas IX dengan KKM yang ditentukan sekolah sebesar 75.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 21:57 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 21:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |