hanifah, jihan (2025) PENGARUH INOVASI TEKNOLOGI, KUALITAS LAYANAN DAN KEAMANAN DATA TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN LAYANAN BYOND by BSI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Jihan Hanifah_63010210033.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Jihan Hanifah_63010210033.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Jihan Hanifah_63010210033.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Hanifah, Jihan (2025). Pengaruh Inovasi Teknologi, Kualitas Layanan, Dan Keamanan Data Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Layanan Byond BSI Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan SyariahUniversitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Endah Nur Fitriyani, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam bagaimana pengaruh inovasi teknologi, kualitas layanan, dan keamanan data terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan Byond by BSI dengan kepercayaan sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini bersifat kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para nasabah Bank BSI KCP Boyolali. Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 100 orang sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan penting: Pertama, inovasi teknologi mampu memengaruhi kepuasan nasabah secara positif dan signifikan. Kedua, kualitas layanan juga memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Ketiga, Keamanan data terbukti memiliki kontribusi yang positif dan signifikan dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Keempat, kepercayaan ternyata memoderasi secara negatif dan signifikan hubungan antara inovasi teknologi terhadap kepuasan nasabah, artinya semakin tinggi kepercayaan, maka pengaruh inovasi teknologi terhadap kepuasan menjadi lebih rendah. Kelima, kepercayaan justru memperkuat hubungan antara kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Namun, dalam konteks hubungan antara keamanan data dan kepuasan nasabah, kepercayaan tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan. Kata Kunci: inovasi teknologi, kualitas layanan, keamanan data, kepuasan nasabah, kepercayaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2025 05:04 |
Last Modified: | 05 Oct 2025 05:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |