SAGITA, ISNADILA WAHYU (2025) ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAP GREEN REPURCHASE INTENTION DENGAN ATTITUDE TOWARD GREEN PURCHASE DAN HEALTH CONSCIOUSNESS SEBAGAI MEDIASI PADA PRODUK KECANTIKAN RAMAH LINGKUNGAN DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan N’pure). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ISNADILA REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan turut memengaruhi perilaku konsumsi, termasuk dalam memilih produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental concern terhadap green repurchase intention dengan attitude toward green purchase sebagai variabel mediasi. Studi ini mengambil sampel sebanyak 210 responden yang merupakan konsumen produk kecantikan ramah lingkungan merek N’Pure di Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner daring dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbantuan program AMOS versi 24. Dari tujuh hipotesis, satu hipotesis ditolak dan sisanya diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Environmental Concern tidak berpengaruh langsung terhadap Green Repurchase Intention, tetapi Environmental Concern berpengaruh signifikan melalui Green Attitude Toward Green Purchase dan Health Consciousness. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumen dan kesadaran kesehatan memainkan peran kunci dalam memperkuat pengaruh kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian ulang produk hijau.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 06:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |