PENGARUH PENERIMAAN SOSIAL DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 9 SALATIGA

Ayuni, Qurratul (2025) PENGARUH PENERIMAAN SOSIAL DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 9 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Qurratul Ayuni_43040210041_Pengaruh Penerimaan Sosial dan Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 9 Salatiga.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ayuni, Qurratul. 2025. Pengaruh Penerimaan Sosial dan Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 9 Salatiga. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M. A. Kata kunci: penerimaan sosial, dukungan sosial, kesejahteraan psikologis, siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini memiliki tujuan, yakni (1) untuk mengetahui pengaruh penerimaan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga. (2) Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerimaan sosial dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatif. Populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 27 siswa berkebutuhan khusus. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kuesioner cetak dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerimaan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga dengan nilai t hitung sebesar 4,046 yang nilainya lebih besar dari t tabel yaitu 2,055 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga dengan nilai t hitung sebesar 2,684 > 2,055 dan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerimaan sosial dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 9 Salatiga dengan nilai F hitung sebesar 25,527 yang lebih besar dari F tabel yaitu 3,40 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2025 16:16
Last Modified: 06 Oct 2025 16:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item