Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Ketakwaan Siswa di SMP N Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025

Mutmainah, Siti (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Ketakwaan Siswa di SMP N Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI_MUTMAINAH-23010210013-STRATEGI_GURU_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_DALAM_MEMBINA_KETAKWAAN_SISWA_DI_SMP_N_4_SALATIGA_TAHUN_AJARAN_2024-2025[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Mutmainah, Siti. 2025. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Ketakwaan pada Siswa di SMP N 4 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Membina, Ketakwaan Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina ketakwaan pada siswa di SMP Negeri 4 Salatiga tahun ajaran 2024/2025, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina ketakwaan siswa di SMP Negeri 4 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa SMP Negeri 4 Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya kurikulum pembelajaran pendidikan agama Islam, adanya metode pembelajaran langsung, strategi keteladanan dengan kegiatan pembiasaan Batinku Padang (ibadah rutinku pagi dan siang), metode pembiasaan praktik ibadah dan pengembangan spiritual siswa, strategi pembinaan akhlakul karimah, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. (2) Faktor pendukung strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina ketakwaan pada siswa yakni peran guru yang berkualitas, keterlibatan orang tua, lingkungan sekolah yang Islami, sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, dan teknologi yang mendukung pemahaman pengetahuan keagamaan. Faktor penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina ketakwaan pada siswa yakni letak sekolah yang di tengah kota, kurangnya sumber daya seperti dana, pengaruh negatif media sosial, kurangnya motivasi sebagian siswa, dan kurangnya pengetahuan keagamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2025 17:12
Last Modified: 06 Oct 2025 17:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25041

Actions (login required)

View Item View Item