Agustin, Ermalia Shinta (2025) Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Dan Self-Congruity Sebagai Variabel Intervening. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Ermalia Shinta Agustin-63040210125-Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Dan Self Congruity Sebagai Variabel Intervening_bab 125.pdf Download (943kB) |
![]() |
Text
Ermalia Shinta Agustin-63040210125-Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Dan Self Congruity Sebagai Variabel Intervening_bab 125.pdf Download (943kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media influencer terhadap purchase intention produk kosmetik halal, dengan brand image dan self-congruity sebagai variabel mediasi. Masalah difokuskan pada sejauh mana konten promosi yang dibawakan oleh influencer di TikTok mampu membentuk citra merek dan keselarasan diri konsumen yang akhirnya mendorong niat beli. Untuk mendekati masalah ini digunakan acuan teori dari self-congruity theory yang menjelaskan pentingnya kesesuaian antara citra diri konsumen dan citra merek. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 140 responden pengguna TikTok yang terpapar influencer. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Kajian ini menyimpulkan bahwa social media influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention, baik secara langsung maupun melalui mediasi brand image dan self-congruity. Hasil ini mengindikasikan bahwa persepsi konsumen terhadap kesesuaian nilai dan citra merek memainkan peran penting dalam mendorong keputusan pembelian produk kosmetik halal. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pemasar dalam memilih influencer yang mampu merepresentasikan identitas target audiens secara tepat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 19:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 19:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |