ROSYADA, SABILA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI SABILA ROSYADA_23070210054.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SABILA ROSYADA_23070210054.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SABILA ROSYADA_23070210054.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rosyada, Sabila. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Saiful Marom, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kahoot, Hasil Belajar, Statistika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik pada materi statistika kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model PBL berbantuan Kahoot dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model Discovery Learning. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 10 soal yang telah diuji coba kepada kelas VIII dan hasilnya diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Setelah melakukan penelitian, didapatkan data hasil penelitian yang kemudian dilakukan analisis data dengan beberapa pengujian. Pengujian tersebut diantaranya adalah: statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent T test dan perhitungan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki data yang berdistribusi normal dan homogen dengan nilai signifikasi lebih besar dari 0,05. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan uji t-test dan N-Gain score. Hasil uji independent sample T test sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil belajar dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sementara itu, N-Gain Score memperhitungkan perbedaan antara kemampuan awal peserta didik yang dapat dilihat pada pretest dan hasil akhir setelah pembelajaran yang terlihat pada posttest. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa rata-rata kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning adalah 0,43 dan berada pada kategori sedang, sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kahoot memiliki Skor N-Gain 0,71 dan berada pada kategori tinggi.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Kahoot efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 22:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 22:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |