INAYAH, VINA AFIDATUL (2025) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEWUJUDKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI TERAPI SHALAT DHUHA PADA SISWA SMK PANCASILA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_KU_CINTA_VINA_AFIDATUL_2025.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_KU_CINTA_VINA_AFIDATUL_2025.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_KU_CINTA_VINA_AFIDATUL_2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Inayah, Vina Afidatul. 2025. Peran Guru Bimbingan dan Konseling untuk Mewujudkan Konsentrasi Belajar Melalui Terapi Shalat Dhuha pada Siswa SMK Pancasila Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M.Pd. Kata Kunci: Guru Bimbingan dan Konseling, Konsentrasi Belajar, Terapi Shalat Dhuha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan konseling melalui terapi shalat Dhuha untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMK Pancasila Salatiga. 2) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mewujudkan konsentrasi belajar melalui pelaksanaan terapi shalat Dhuha. 3) Gambaran konsentrasi belajar siswa setelah mengikuti terapi shalat Dhuha di SMK Pancasila Salatiga.4) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan terapi shalat Dhuha untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMK Pancasila Salatiga Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, serta peserta didik SMK Pancasila Salatiga. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi data, yang bertujuan untuk mendapatkan data yang validdan terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan terapi shalat Dhuha di SMK Pancasila Salatiga dilakukan secara rutin dengan melibatkan guru BK dan siswa, dimulai dari pembinaan motivasi hingga pelaksanaan ibadah shalat Dhuha bersama. 2) Guru bimbingan dan konseling berperan sebagai motivator, fasilitator, konselor, dan mediator dalam membimbing siswa agar mampu meningkatkan konsentrasi belajar melalui kegiatan terapi shalat Dhuha. 3) Gambaran konsentrasi belajar siswa setelah mengikuti terapi shalat Dhuha menunjukkan perubahan positif, seperti meningkatnya ketenangan, kedisiplinan, semangat belajar, dan fokus saat mengikuti pembelajaran di kelas, dan 4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan terapi meliputi dukungan dari pihak sekolah dan antusiasme siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu pelaksanaan dan kedisiplinan siswa yang belum merata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |