PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Aniq, Muhammad Zidan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Zidan Aniq_23090210090_Tadris Matematikaa.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Zidan Aniq_23090210090_Tadris Matematikaa.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Zidan Aniq_23090210090_Tadris Matematikaa.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Zidan Aniq - 23090210090 - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Zidan Aniq - 23070210090 - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aniq, Muhammad Zidan. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android; Bangun Ruang Sisi Datar; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android guna menyampaikan materi Bangun Ruang Sisi Datar kepada siswa kelas VII SMP. Pengembangan media ini diharapkan dapat memiliki validitas, dan kepraktisan. Fokus penelitian ini ditujukan pada penerapan media di SMP Negeri 1 Getasan, dengan harapan bahwa penggunaan media berbasis teknologi dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Getasan Tahun Pelajaran 2024/2025. Validasi terhadap media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menggunakan skala Likert. Aspek materi mencakup didaktik, kualitas isi, dan relevansi dengan kehidupan sehari-hari, sedangkan aspek media mencakup tampilan visual, kebahasaan, dan kualitas teknis. Instrumen penelitian mencakup angket validasi, soal pretest dan posttest, serta kuesioner kepraktisan. Proses pengembangan media mengacu pada model ADDIE, yang mencakup lima tahap utama: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan skor aspek materi masing-masing sebesar 85%, 80%, dan 80%, serta aspek media sebesar 85%, 92%, dan 80%, yang seluruhnya tergolong sangat valid. Efektivitas media dibuktikan melalui uji pretest dan posttest, dengan validitas soal menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas melalui Cronbach Alpha sebesar 0,794 (kategori tinggi). Uji Paired Sample T-Test menunjukkan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan rata – rata sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran secara signifikan. Kepraktisan media dinilai sangat baik dengan skor 80% yang berarti dari peserta didik dan 93,3% yang berarti sangat praktis dari guru. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis Android dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2025 05:42
Last Modified: 07 Oct 2025 05:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25090

Actions (login required)

View Item View Item