PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI MI MUHAMMADIYAH TEJOBANG, KEC SIMO, KAB BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kusumadani, Alfi Fajri (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI MI MUHAMMADIYAH TEJOBANG, KEC SIMO, KAB BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Alfi Fajri Kusumadani_11511054.pdf

Download (15MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tejobang pada mata pelajaran Matematika dengan model pembelajran berbasis proyek. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tejobang, Kec. Simo, Kab. BoyolaliTahun Pelajran 2015/2016. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan pada mata pelajaran Matematika materi keliling dan luas bangun datar(jajargenjang dan segitiga) kelas IV MI Muhammadiyah Tejobang dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek menghasilkan peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 47% dan 9 siswa atau 53% belum tuntas dengan rata-rata 58,88. Pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa yang tuntas atau 75%, sedangkan yang tidak tuntas 4 siswa atau 25% dengan nilai rata-rata 76,35. Dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi menjadi 15 siswa atau 88% tuntas dan 2 siswa atau 12% siswa tidak tuntas,serta rata-rata nilainya 85,29. Nilai akhir prestasi belajar siswa siklus I hingga siklus III memberi bukti bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek(Project Based Learning) pada mata pelajaran Matematika materi kelilig dan luas bangun datar (jajargenjang dan segitiga) di kelas IV MI Muhammadiyah Tejobang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:47
Last Modified: 17 Feb 2016 02:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item