Maulana, Yusuf (2025) Program Takhassus Di MTs Roudlotul Furqon Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Yusuf Maulana_53050180028_Program Takhassus Di MTS Roudlotul Furqon Ditinjau Dar.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang selalu ada disetiap zaman. Masalah pendidikan ini tidak akan pernah ada habisnya untuk menjadi pembicaraan. Pembahasan tentang pendidikan ini dari segi makna pendidikan itu sendiri ataupun dari para pelaku pendidikan. Banyak para tokoh filsuf yang mengemukakan pendapatnya mengenai pendidikan. Salah satu tokoh filsuf yang membicarakan pendidikan adalah Ibnu Khaldun, aspek-aspek kajian pendidikan yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun adalah mengenai konsep pendidikan, tujuan pendidikan, dan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan program takhassus di MTs Roudlotul furqon (2) meninjau program takhassus di MTs Roudlotul Furqon berdasarkan filsafat pendidikan islam perspektif Ibnu Khaldun. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber utama dari penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru takhassus MTs Roudlotul Furqon, untuk mendukung sumber utama peneliti juga menggunakan sumber-sumber tambahan seperti buku, jurnal, artikel, dan skrips yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan peneliti menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemunkan : (1) Penerapan program takhassus MTs Roudlotul Furqon ini meliputi tujuh aspek yaitu, tujuan pendidikan program takhassus, keunggulan program takhassus, kelemahan program takhassus, metode pembelajaran takhassus, peluang dan ancaman program takhassus, hambatan pelaksanaan program takhassus, serta evaluasi program takhassus. (2) Program takhassus di MTs Roudlotul Furqon ditinjau dari pendidikan islam perspektif Ibnu Khaldun. Penerapan program takhassus di MTs Roudlotul Furqon ini sudah sesuai dengan teori Ibnu Khaldun terhadap tiga pembahasannya tentang pendidikan yaitu konsep pendidikan, tujuan pendidikan, dan metode pembelajaran. Namun dalam penerapannya program takhassus ini belum sepenuhnya mengimplementasikan teori-teori dari Ibnu Khaldun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 16:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 16:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |