khumaeroh, Anita (2025) PENERAPAN METODE TAMYIZ GUNA MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL-AZHAR 23 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ANITA KHUMAEROH-23050210007-PENERAPAN METODE TAMYIZ.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ANITA KHUMAEROH-23050210007-PENERAPAN METODE TAMYIZ.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ANITA KHUMAEROH-23050210007-PENERAPAN METODE TAMYIZ.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tamyiz guna mengenalkan kosakata bahasa Arab pada anak kelompok B TK Islam Al-Azhar 23 Salatiga, dan untuk mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung penerapan metode tamyiz guna mengenalkan kosakata bahasa Arab pada anak kelompok B TK Islam Al-Azhar 23 Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru kelompok B serta sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait kegiatan penerapan metode tamyiz dan materi tamyiz. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penerapan metode tamyiz guna mengenalkan kosakata bahasa Arab pada anak kelompok B dilakukan dengan (a) sesuai prinsip belajar-mengajar metode tamyiz, (b) bertujuan agar anak usia dini dapat mengenal bahasa Arab sederhana dan mampu mengetahui terjemahan dari surah pendek yang telah dihafal, (c) menggunakan langkah penerapan yang disesuaikan dengan teori quantum learning, serta (d) Materi tamyiz yang digunakan adalah materi dasar dari kamus kawkaban kolom 1-10 dengan lagu yang berbeda pada tiap kolomnya. 2) faktor penghambat penerapan metode tamyiz guna mengenalkan kosakata bahasa Arab pada anak kelompok B TK Islam Al-Azhar 23 Salatiga antara lain ialah (a) pelafalan kosakata anak, (b) program baru, dan (c) suasana hati anak. Sedangkan, faktor pendukung penerapan metode tamyiz guna mengenalkan kosakata Arab pada anak usia dini adalah (a) fasilitas sekolah, (b) konsistensi, serta (b) pelatihan untuk guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Bahasa |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 17:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 17:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |