Nisa, Karimatun (2025) Wacana Poligami Dalam Al-Qur'an DiMedia Sosial (Studi Komparatif Channel Youtube Robbanian Family dan Channel Youtube Faqihudin Abdul Kodir). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Fix_Karimatun Nisa .pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas wacana poligami dalam Al-Qur’an yang dikembangkan melalui dua pendekatan berbeda di media sosial YouTube, yakni Channel Robbanian Family oleh Coach Hafidin dan perspektif Qira’ah Mubadalah oleh Faqihudin Abdul Kodir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana kedua tokoh tersebut memahami dan menyampaikan konsep poligami berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an, serta membandingkan perbedaan maupun persamaan penafsirannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Data primer diperoleh dari konten video kedua channel YouTube tersebut, sedangkan data sekunder berasal dari buku, artikel, tafsir Al-Qur’an, serta karya tulis terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Channel Robbanian Family mengangkat poligami sebagai ajaran yang bersifat syar’i dan seringkali ditekankan sebagai solusi terhadap kebutuhan biologis laki-laki. Narasi yang dibangun cenderung patriarkal dan mengedepankan keutamaan laki-laki dalam struktur rumah tangga. Sebaliknya, pendekatan Qira’ah Mubadalah menawarkan perspektif keadilan dan kesalingan gender, dengan menekankan pada pentingnya membaca ayat poligami secara holistik, bukan sepotong-sepotong. Pendekatan ini berpijak pada prinsip resiprokal dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Kata Kunci: Poligami, Al-Qur’an, Robbanian Family, Qira’ah Mubadalah, YouTube, Studi Komparatif, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 18:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 18:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |