HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN RELIGIOSITAS SISWA MA NAHDLATUT THULLAB MANGGARWETAN GODONG GROBOGAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Niam, Ahmad Izza Khoirun (2025) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN RELIGIOSITAS SISWA MA NAHDLATUT THULLAB MANGGARWETAN GODONG GROBOGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ahmad Izza Khoirun Niam-23010200066-Hubungan Intenstitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Dan Motivasi Belajar Dengan Religiositas Siswa MA Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan Tahun Ajaran 20242025 - A. Izza Khoirun.pdf

Download (0B)
[img] Text
Ahmad Izza Khoirun Niam-23010200066-Hubungan Intenstitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Dan Motivasi Belajar Dengan Religiositas Siswa MA Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan Tahun Ajaran 20242025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ahmad Izza Khoirun Niam-23010200066-Hubungan Intenstitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Dan Motivasi Belajar Dengan Religiositas Siswa MA Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan Tahun Ajaran 20242025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Niam, Ahmad Izza Khoirun. 2025. Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Belajar dengan Religiositas Siswa di MA Nahdlatut Thullab Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ghaida Zukhruf Tsamiyatsnaini, M.Pd Kata Kunci: Intensitas, Media Sosial, Motivasi Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan religiositas siswa MA Nahdlatut Thullab Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Hubungan motivasi belajar dengan religiositas MA Nahdlatut Thullab Tahun Ajaran 2024/2025 (3) Hubungan intensitas penggunaan media sosial dan motivasi belajar dengan religiositas siswa MA Nahdlatut Thullab Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 MA Nahdlatut Thullab Manggarwetan, yang berjumlah 75 siswa. Jumlah sampel peneliti mengambil semua siswa kelas 10 dan kelas 11 MA Nahdlatut Thullab Manggarwetan, dikarenakan sampel kurang dari 100. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara intensitas penggunaan media sosial dan religiositas siswa di MA Nahdlatut Thullab untuk tahun ajaran 2024/2025, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,572 dan signifikansi 0,000. Jadi, terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan religiositas, maka H1 diterima, (2) Terdapat hubungan negatif yang lemah antara motivasi belajar dan religiositas siswa di MA Nahdlatut Thullab untuk tahun ajaran 2024/2025, dengan nilai korelasi Pearson sebesar -0,231. Meskipun nilai signifikansi (Sig.) untuk korelasi ini adalah 0,046. Maka H2 diterima, (3) Terdapat hubungan positif yang kuat antara intensitas penggunaan media sosial, motivasi belajar, dan religiositas siswa di MA Nahdlatut Thullab untuk tahun ajaran 2024/2025, dengan nilai F Change sebesar 22,375 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa model regresi signifikan. Maka, hipotesis ketiga (H3) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2025 20:04
Last Modified: 08 Oct 2025 20:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item