rahmawati, Selvia eka (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ISLAM, DAN KUALITAS PRODUK KPR TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank BTN Syariah KCPS Ungaran). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Selvia Eka Skripsi E-REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, Selvia Eka. 2025. Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam, Dan Kualitas Produk Kpr Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Btn Syariah Kcps Ungaran). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program S1-Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Saifudin, M.E. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan syariah dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan teknik analisis SPSS. Studi ini menganalisis 209 responden, yaitu nasabah pembiayaan KPR BTN Syariah KCPS Ungaran.Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas layanan syariah, kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan semuanya memiliki hubungan yang positif dan signifikan.Implikasi - Secara teori, studi ini membantu memperluas pemahaman teori pemasaran, terutama terkait perilaku nasabah terhadap layanan KPR Syariah. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara kualitas layanan syariah, kualitas produk, kepuasan, dan loyalitas. Namun, kepuasan belum terbukti menjadi penghubung antara kualitas dan loyalitas, sehingga faktor lain seperti kepercayaan atau nilai religius perlu dipertimbangkan dalam membangun loyalitas pelanggan.Secara praktis, hasil studi ini dapat digunakan oleh manajemen Bank BTN Syariah KCPS Ungaran untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk KPR. Fokus pada prinsip syariah dan pemenuhan kebutuhan nasabah dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas. Hasil ini juga dapat menjadi referensi dalam mengembangkan strategi layanan yang lebih terarah dan berkelanjutan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Islam, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 20:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 20:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |