EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN 2024/2025

KUSUMANINGSIH, ERLINA ISMA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ERLINA ISMA KUSUMANINGSIH - 23070210005 - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS QR CODE DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII DI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kusumaningsih, Erlina Isma. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning Berbasis QR Code di Luar Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M. Pd. Kata Kunci : Efektivitas; Game Based Learning (GBL); QR Code; Pembelajaran di Luar Kelas; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbasis QR Code di luar kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi penyajian data di SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga tahun 2024/2025 dan sampel sebanyak dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, jurnal mengajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, Wilcoxon, Man Whitney U, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan data bersifat tidak normal dan homogen. Kemudian nilai rata-rata kelas eksperimen I lebih tinggi dari kelas eksperimen II dengan hasil uji non-parametrik Wilcoxon hasil belajar masing-masing kelas mengalami kenaikan yang signifikan (p value 0,000 < 0,05). Namun uji Mann Whitney U untuk hasil belajar antara kedua kelas menunjukkan tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan (p value 0,220 > 0,05). N-Gain sebesar 0,5008 tergolong dalam kriteria sedang dengan persentase 50,08% tergolong kurang efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Game Based Learning berbasis QR Code di luar kelas tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2025 21:37
Last Modified: 08 Oct 2025 21:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item View Item