EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEBOTO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025

Khaq, Aisyah (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEBOTO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AISYAH KHAQ-23040210006-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEBOTO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (0B)
[img] Text
AISYAH KHAQ-23040210006-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEBOTO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahaui efektivitas penggunaan video animasi terhadap konsentrasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Muhammadiyah Seboto. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, dengan partisipan sebanyak 27 siswa kelas III di MI Muhammadiyah Seboto. Data diperoleh melalui penyebaran angket kuesioner guna mengukur tingkat konsentrasi belajar siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data mencakup pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk sistem operasi Windows, dengan signifikansi ditetapkan pada tingkat 5% (0,05). Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,022. Karena nilai tersebut lebih kecil daripada batas signifikansi (0,022 < 0,05), maka hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Muhammadiyah Seboto Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 16:33
Last Modified: 09 Oct 2025 16:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item