PENGARUH TIM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PENANGGULANGAN PERILAKU BULLYING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA`ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

PRATIWI, SABRINA (2025) PENGARUH TIM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PENANGGULANGAN PERILAKU BULLYING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA`ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SABRINA PRATIWI-23040210027-PENGARUH TIM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PPENANGGULANGAN PERILAKU BULLYING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bullying di era sekarang sedang marak-maraknya, menjadi salah satu isu serius yang dihadapi oleh banyak sekolah, termasuk MI Maarif Mangunsari Salatiga. Perilaku bullying yang terjadi tidak hanya berdampak pada kesehatan mental dan emosional korban, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang tidak aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) terhadap penanggulangan perilaku bullying di MI Ma`arif Mangunsari Salatiga pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari angket dengan populasi kelas 1 sampai 5 MI Ma`arif Mangunsari Salatiga berjumlah 586, diambil sampel menggunakan tabel Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%, banyak sampelnya adalah 221 yang akan disebarkan ke siswa kelas 1 hingga 5. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana untuk mengukur pengaruh TPPK terhadap perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPPK memiliki pengaruh signifikan terhadap penanggulangan perilaku bullying, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa TPPK berperan dalam mengurangi tingkat bullying di sekolah. Koefisien regresi yang diperoleh adalah -0,241, yang berarti setiap peningkatan satuan pada TPPK akan menurunkan skor perilaku bullying sebesar 0,241. Selain itu, nilai R Square sebesar 0,548 menunjukkan bahwa 54,8% variasi dalam perilaku bullying dapat dijelaskan oleh keberadaan TPPK. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa TPPK dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam mengurangi perilaku bullying di sekolah, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar sekolah-sekolah lain juga menerapkan TPPK sebagai salah satu strategidalam mengurangi perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 17:34
Last Modified: 09 Oct 2025 17:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25216

Actions (login required)

View Item View Item