EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Lutfiyanto, Anas (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Anas Lutfiyanto-23040210055-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (0B)
[img] Text
Anas Lutfiyanto-23040210055-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (0B)
[img] Text
Anas Lutfiyanto-23040210055-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (0B)
[img] Text
Anas Lutfiyanto-23040210055-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (0B)
[img] Text
Anas Lutfiyanto-23040210055-EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI SOLARIA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi solaria terhadap hasil belajar IPA materi Tata Surya siswa kelas VI MIN 4 Kabupaten Semarang Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media video animasi Solaria, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Media video animasi Solaria merupakan variabel bebas, sedangkan hasil belajar merupakan variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN 4 Kabupaten Semarang, dengan jumlah 20 siswa pada kelas eksperimen dan 17 siswa pada kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, Independent Sample T-Test dan N-Gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi Solaria memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,50, sedangkan kelas kontrol hanya 63,82.. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen, yaitu 79,52 dibandingkan kelas kontrol, yaitu 35,89. Dengan demikian, media video animasi Solaria efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi Tata Surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 17:41
Last Modified: 09 Oct 2025 17:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item