PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA JURANG KECAMATAN JAMBU TAHUN AJARAN 2024/2025

Sandita, Tasya Dini Mawar (2025) PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA JURANG KECAMATAN JAMBU TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TASYA DINI MAWAR SANDITA-23050210053-PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TASYA DINI MAWAR SANDITA-23050210053-PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TASYA DINI MAWAR SANDITA-23050210053-PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TASYA DINI MAWAR SANDITA-23050210053-PENERAPAN MEDIA ROBOT LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media Robot Literasi dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B di TK ABA Jurang Kecamatan Jambu Tahun Ajaran 2024/2025 serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan media Robot Literasi dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B di TK ABA Jurang Kecamatan Jambu Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penlitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian tentang penerapan media robot literasi di TK ABA Jurang diterapkan dengan beberapa tahapan meliputi menentukan tema dan modul ajar, persiapan media ROSI, melakukan kegiatan stimulant awal, menjelaskan aturan dan langkah-langkah penggunaan media ROSI, anak praktek menggunakan media ROSI dan melakukan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung penerapan media ROSI meliputi media yang menarik, variasi permainan pada media, kemampuan dan kreatifitas guru yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat penerapan media ROSI yaitu bahan pembuatan media yang tidak awet, keterbatasan waktu, dan tidak semua anak tertarik dengan media ROSI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 20:38
Last Modified: 09 Oct 2025 20:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item